kata

kata

Selasa, 11 Desember 2012

KHASIAT JAMBU MONYET

 Jambu monyet mengingatkan saya pada tanah kelahiranku, yaitu Kendari

Bisa dibilang kacang mete atau kacang jambu monyet adalah makanan khas disana. Bagaimana tidak, setiap saya pulang pasti ada saja yang pesan, menyuruh bawakan sebagai oleh-oleh. Bahkan bukan hanya saya saja, tapi hampir semua orang yang mudik di Kendari oleh-oleh utama adalah kacang mete. Saya pernah survey toko-toko di Jogja bahkan pasar Bringharjo pernah saya singgahi juga. Harga kacang mete di Jogja bisa mencapai ratusan ribu perkilonya. Dan yang paling murah sekitar Rp 50 ribuan perkilonya. Sedangkan di Kendari sekilonya hanya paling mahal sekitar 40 ribu. Karena perbedaan harga yang sangat mencolok itulah, setiap saya pulang, saya tidak lupa bawa kacang mete sebagai oleh-oleh.

Kembali ke topik… jambu monyet bukan berarti jambunya mirip monyet, tapi dikatakan jambu monyet karena pohon jambu ini memiliki buah kecil yang sering disebut mete (mende) yang bergelayut dibagian bawah buah pohon ini.

Jambu mete memiliki nama latin Anacardium occidentale, linn. Di Inggris jambu mete disebut Cashew. Sedangkan di Indonesia disebut jambu mente, khusus orang Jawa menyebutnya “jambu Mete atau jambu mede” . dan di Lampung terkenal dengan “gaju”.

Pohon jambu monyet merupakan tumbuhan dikotil. Batang pohonnya tidak rata dan berwarna coklat tua. Bunganya berwarna putih. Buahnya berdaging lunak, berair, dan berwarba kuning kemerahan. Buah monyet ini merupakan buah semu karena sebenarnya buah ini merupakan tangkai buah yang membesar. Buah sebenarnya dari pohon jambu adalah yang sering disebut sebagai mete atau mende atau mente. Diamana buah mete ini adalah buah batu yang berbentuk ginjal dengan kulit keras dan biji berkeping dua.

Jambu monyet banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung vitamin A, C, kalori protein, lemak kalsium, fosfor besi dan air.

Selain buahnya bisa dijadikan cemilan pohon jambu ini sangat bermanfaat untuk megobati berbagai penyakit. Berikut adalah khasit jambu mete terhadap penyembuhan berbagai penyakit :

** Disentri

Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang
jambu monyet

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan ½
liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil
airnya.

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
** Diabetes Melitus

Bahan : 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras
secukupnya

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2
liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil
airnya.

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

** Radang Mulut

Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang
jambu monyet

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1
liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil
airnya.

0 komentar:

Posting Komentar